5 Cara Efektif Cari Sinyal Hape Yang Sering Hilang

Sobat seodulu,pasti pernah mengalami kehilangan sinyal,ya ?
Hal ini cukup mengganggu bila kita sangat butuh data internet dalam keadaan darurat, ataupun butuh menelepon yang sangat penting-pentingnya. Berbagai cara aneh kita lakukan mulai mengangkatnya tinggi-tinggi ke udara, hingga menggerak-gerakkan smartphone kita ke kanan atau kiri. 
Kayak gak ada kerjaan ya ?
Padahal kehilangan sinyal adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan ponsel kita menggunakan gelombang radio untuk terkoneksi ke menara BTS. Tiap menara akan saling mengirim ke tower lain dan ke ponsel lain. Idealnya, jarak antara tiap menara BTS harus membentuk pola layaknya sarang lebah. Namun karena terbentur keadaan perkotaan yang padat dan dana yang terbatas, pola ini tak terbentuk. Jadi makin Anda jauh dari menara, makin jelek sinyal Anda.
Selain faktor jarak dari menara. Kepadatan penduduk di radius area tersebut juga jadi penyebab lemahnya sinyal Anda. Bukan karena kepadatan pengguna, namun biasanya penduduk yang banyak, membuat sinyal dari menara terhalang banyak gedung serta pepohonan.
Jadi jika sinyal Anda tiba-tiba melemah, apa yang harus Anda lakukan? Berikut tips agar sinyal ponsel Anda bisa ‘terpacu’ untuk lebih kuat.
1. Matikan, lalu nyalakan lagi
Meski terlihat merupakan sebuah hal sepele, namun mematikan dan menyalakan lagi perangkat seringkali menyelesaikan banyak hal yang jadi masalah pada ponsel. Dalam hal mencari sinyal, mematikan dan menyalakan ponsel membuat ponsel mencari koneksi ke tower lain yang mungkin memiliki sinyal lebih kuat.
2. Charge ponsel Anda
Jika ponsel Anda sedang ‘lowbatt,’ biasanya smartphone akan beralih ke mode ‘power-saving’ di mana smartphone akan membatasi daya untuk mentransmisikan sinyal. Hal ini tentu membuat sinyal yang lemah tak akan mudah ‘ditangkap.’ Lebih baik charge smartphone Anda, atau matikan mode power-saving. Dengan mematikan mode power-saving, maka baterai Anda akan lebih cepat habis dayanya.
3. Berpindah tempat
Cara menggenggam ponsel bisa jadi menjadi masalah. Jika Anda menutupi antena, sinyal akan melemah. Jika Anda di dalam ruangan, akan lebih baik jika Anda keluar. Hal ini dikarenakan tembok serta atap bisa melemahkan sinyal. Hal ini bisa dilakukan hanya dengan bergerak ke jendela dan bertenggerlah di sebelah jendela dan mungkin itu cukup untuk mendapat sinyal yang kuat.
Hal ini juga bisa dilakukan dengan hanya berjalan beberapa langkah ke arah yang tak beraturan. Sinyal yang terpantul di dalam rumah biasanya ‘mati’ karena bersinggungan dengan beberapa perangkat elektronik.
4. Masukkan dalam gelas
Meskipun nampak seperti kegiatan yang aneh, memasukkan smartphone dalam gelas kosong ternyata bisa menjaring sedikit sinyal. Hal ini bisa dibuktikan ke tempat terpencil yang sama sekali tak ada sinyal, dan sinyal dari tower terdekat akan tertangkap oleh bibir gelas. Masalahnya adalah kita tentu akan kesulitan untuk mengoperasikan smartphone dalam keadaan di dalam gelas.
5. Melepas case serta menancapkan handsfree
Case yang berlebihan seringkali menutupi antena ponsel dan melemahkan sinyal. Jadi jika Anda mengalami masalah sinyal dan kebetulan case ponsel Anda adalah yang besar dan berlebihan, lebih baik Anda mencopotnya terlebih dahulu. Hal ini serupa dengan cara menggenggam yang seringkali menutupi antena dan memperburuk penangkapan sinyal
Selain itu, coba gunakan handsfree, yang digadang-gadang mampu memperkuat penerimaan sinyal ponsel.
Terima kasih telah membaca artikel ini,semoga bermanfaat. 
Baca Juga  Tips Membeli Laptop atau Notebook Bekas Maupun Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *