5 Cara Sederhana Menghemat Kuota 4G di Smartphone Android

Seo Dulu – Saat ini,para provider dan layanan jaringan produk telekomunikasi di Indonesia. Sedang berlomba-lomba untuk segera beralih ke jaringan 4G LTE. Dan didukung juga para vendor gadget smartphone,memproduksi ponsel 4G. Dengan harga jual yang sangat miring,dan terjangkau,membuat masyarakat berbondong-bondong beralih ke 4G LTE.

Namun, walau menawarkan koneksi yang super cepat, jaringan 4G terkadang dapat membuat dompet kamu cepat ‘bolong’ dikarenakan banyaknya kuota atau bandwidth yang dikonsumsi dan harus diisi.

Walaupun beberapa provider,yang menyediakan fasilitas 4G LTE Unlimited Advance. Semakin kita aktif di media sosial,semakin boros juga kuota yang kita gunakan.

Yuk Simak, 5 Cara Sederhana Menghemat Kuota 4G di Smartphone Android

 

1. Maksimalkan Fitur “Data Saver”

Untuk berselancar di internet, mayoritas pengguna Android menggunakan browser Google Chrome. Karena itu, untuk membantu penggunanya lebih hemat berselancar di internet, Google pun menyisipkan fitur keren yakni modus “Data Saver.”
Google mengklaim kalau fitur ini mampu menghemat kuota internet hingga 50%. Lumayan bukan?

2. Matikan Sinkronisasi

Selain berselancar di internet, penggunaan data 4G akan semakin boros dengan banyaknya aplikasi yang terhubung ke internet.

Karena itu, untuk menghemat kuota internet kamu di smartphone, ada baiknya kamu mematikan fitur sinkronisasi aplikasi-aplikasi yang memang jarang digunakan atau yang tak begitu perlu.
Tak hanya itu, kamu pun dapat lebih menghemat penggunaan kuota internet 4G di smartphone dengan mematikan fitur auto-update di aplikasi.

3. Perhatikan Data Usage Warning

Pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi Android KitKat, kini hampir seluruh smartphone Android sudah memiliki fitur yang bernama “Data Usage Warning”.
Dengan menyalakan fitur ini, kamu akan mendapatkan peringatan bilamana penggunaan kuota internet mendekati batas yang sudah diatur sebelumnya.

4. Fitur “Restrict Background Data”
Nyaris sama dengan poin kedua, fitur ini akan “mematikan” beberapa aplikasi bilamana tidak dijalankan. Namun kekurangannya, aplikasi yang dimatikan tidak akan mengirimkan notifikasi apapun ketika tak digunakan.

Baca Juga  5 Tips Supaya Agar Lebih Hemat Saat Belanja Di HARBOLNAS

5. Gunakan Wi-Fi Saat Update

Google Play Store terkadang menjadi alasan kenapa kuota internet kamu cepat habis lho, terutama saat tengah melakukan update aplikasi.

Untuk mematikan fitur ini, kamu bisa memberi centang pilihan untuk hanya meng-update aplikasi secara otomatis saat terhubung dengan Wi-Fi saja.

Saran,gunakan secara bijak untuk beberapa aplikasi yang terhubung dengan internet.

Terima kasih,telah berkunjung. Semoga bermanfaat,dan terima kasih juga beberapa sumber referensi yang memberikan inspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *