Aplikasi Android dan iOS Teman Perjalanan Mudik Dan Arus Balik

Menjelang Lebaran, masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, mempunya sebuah tradisi. Pada momen ini, masyarakat yang merayakan hari raya secara serentak pulang ke daerahnya masing-masing atau biasa dikenal dengan istilah mudik.

Perjalanan pulang kampung sekarang ini tentunya sudah jauh berubah ketimbang beberapa tahun belakangan. Selain pemerintah sudah membuat beberapa jalur baru, kemajuan teknologi telah membuat mudik semakin nyaman.

Belakangan ini sudah hadir berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk perjalanan mudik. Beberapa aplikasi juga bisa digunakan untuk memudahkan urusan pulang kampung itu.

Berikut beberapa daftar aplikasi yang masuk ke kriteria tersebut:

1. Waze dan Google Maps

Andorid Community
Aplikasi Waze di perangkat Android

Sebagai aplikasi peta, Waze dan Google Maps bisa digunakan untuk melihat peta suatu wilayah. Dengan memanfaatkan GPS yang ada di smartphone, kedua aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk menunjukkan arah.

Tidak itu saja, Waze dan Google Maps bisa dipakai untuk melihat kepadatan suatu wilayah. Tingkat kepadatan dibagi dalam berbagai warna, hijau untuk lancar, jingga untuk lumayan padat, dan merah untuk sangat padat.

Perbedaan di antara keduanya, data yang ditampilkan oleh Waze lebih lengkap. Mengandalkan data dari komunitas, pengguna Waze bisa melihat data kemacetan, jalanan rusak, hingga kecelakaan di suatu lokasi.

Baik Waze maupun Google Maps bisa diunduh di Android dan iOS. Berikut tautan untuk mengunduhnya:

Waze Android
Google Maps Android
Waze iOS
Google Maps iOS

2. NTMC TV by iBolz

Google Play Store
Aplikasi iBolZ NTMC TV

Ini merupakan aplikasi resmi dari National Traffic Management Center (NTMC) Polri. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk memantau langsung kondisi lalu lintas melalui CCTV. Ya, dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa melihat secara langsung atau real time lokasi yang diinginkan.

Baca Juga  11 Fakta Unik Steve Jobs

Wilayah yang ter-cover oleh aplikasi ini adalah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Sumatera Selatan, dan Entikong.

Sementara itu, aplikasi ini juga menampilkan secara khusus situasi wilayah di jalur mudik, seperti jalur mudik pantura, jalur mudik tengah, dan jalur mudik selatan.

Menariknya, selain informasi mengenai lalu lintas, pihak pengembang memasukkan berbagai konten hiburan, seperti film dan trailer film.

Aplikasi ini bisa diunduh di platform Android dan iOS.

3. Traveloka dan Tiket.com

Foto: Traveloka
Booking hotel jadi praktis via OTA

Kedua aplikasi tersebut dapat digunakan untuk memesan tiket transportasi mudik. Traveloka dapat digunakan untuk memesan tiket pesawat terbang saja. Sementara itu, Tiket.com bisa dimanfaatkan untuk memesan tiket pesawat terbang ditambah kereta api.

Bedanya, Traveloka menampilkan informasi satu rute penerbangan dari berbagai maskapai sekaligus. Dengan cara seperti itu, pengguna bisa membandingkan harga tiket.

Keduanya juga bisa digunakan untuk memesan kamar di hotel-hotel yang ada di Indonesia.

Keduanya juga hadir di Android dan iOS. Berikut tautan untuk mengunduhnya:

Traveloka Android
Tiket.com Android
Traveloka iOS
Tiket.com iOS

4. Spotify dan Joox

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com
Tampilan aplikasi streaming musik Spotify di ponsel Android saat diakses di hari peluncuran perdananya di Indonesia, Rabu (30/3/2016).

Beberapa hari menjelang Lebaran, semua jalur mudik diyakini bakal sangat padat. Oleh karena itu, untuk terhindar dari kebosanan, pengguna bisa saja mendengarkan musik.

Saat ini, sudah banyak aplikasi streaming musik yang beredar, seperti Spotify dan Joox.

Menariknya, kedua aplikasi tersebut sudah sama-sama menghadirkan lagu dari penyanyi Indonesia. Jadi, selain musik yang didengarkan legal, pengguna juga bisa mendukung penggiat musik Indonesia melalui tiga aplikasi tersebut.

Baca Juga  Daftar Smart Phone Dengan RAM 3GB Yang Sudah Masuk Di Indonesia

Satu hal yang harus diingat, ketiganya menggunakan sistem streaming. Artinya, bakal menguras paket data dan baterai. Oleh karena itu, sebaiknya unduh dulu lagu yang ingin didengarkan menggunakan jaringan WiFi. Keduanya aplikasi tersebut memang menyediakan fitur unduh musik bagi pelanggan akun premium.

Berikut tautan untuk mengunduhnya:

Spotify Android
Joox Android
Spotify iOS
Joox iOS

5. Snapchat dan Facebook Live

Snapchat
Snapchat

Keduanya bisa digunakan untuk berbagi video singkat kepada pemudik lain. Tentunya, pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk membagikan situasi silaturahim saat Lebaran menggunakan ketiganya.

Khusus untuk aplikasi Facebook, pengguna juga bisa live stream. Caranya, ke kotak status, kemudian pilih “Go Live”.

Berikut tautan untuk mengunduhnya:

Snapchat Android
Facebook Android
Snapchat iOS
Facebook iOS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *