Cara Agar Data Pribadi Kita Tidak Bocor Ke publik

Hallo sobat seodulu,sudah lama tidak berjumpa. Kali ini seodulu akan membahas,sebuah berita yang lagi hangat-hangatnya,yaitu soal data pribadi facebook yang bocor ke publik. Lah kok bisa ya,namun jangan khawatir. Seo dulu sudah merangkum sebuah artikel menarik,yaitu Cara Agar Data Pribadi Kita Tidak Bocor Ke publik.

Sebenarnya berita tentang data pribadi yang bocor ke publik,bukan dari media sosial facebook saja. Namun sudah dari dulu-dulu para hacker atau defacer sudah mencari celah bagi sebuah website ataupun perusahaan.

Untungnya buat mereka apa sih ?,setiap orang mempunyai tujuan masing-masing. Ada yang bertujuan senang-senang,ada juga yang bertujuan mencari uang,bahkan melakukan kejahatan di internet dengan cara menggunakan data (informasi pribadi) anda.

Tanpa menunggu lama lagi,yuk simak dari artikel ini.

1. Pastikan membuka website asli yang sudah mempunyai sertifikat ssl

ya,bagi kamu seorang blogger atau yang sudah berpengalaman berselancar di dunia maya,tidak asing lagi dengan sertifikat ssl. Yaitu memungkinkan website tersebut benar-benar aman,dengan menggunakan awalan alamatnya https dan ada logo gembok di pojok kiri atas. Menjamin penggunanya aman mengakses situs tersebut,dan tidak ada keraguan. Dan ditambah lagi,Browser Chrome akan Tandai Situs HTTP sebagai “Tidak Aman” pada update ke versi 68 dan rencanya akan di umumkan pada bulan juli 2018 mendatang.

2. Bijak dalam menggunakan wi-fi public

Buat kamu yang sering nongkrong di sebuah cafe atau hotel yang memiliki akses internetan gratis (wi-fi) harap hati-hati,jangan terlalu sering mengakses akun penting,seperti perbankan. Karena kita tidak tahu apa yang terjadi kedepannya,mungkin saja pihak cafe atau hotel memiliki sebuah alat seperti keylogger atau finder akses yang bisa melacak history kita.

3. Bersihkan History dan Cache

Baca Juga  Oppo Klaim tiap 15 detik 1 unit F1s terjual

Sekitar 90% pengguna internet,khususnya di indonesia. Mereka lupa,tidak sempat,atau mungkin tidak mengerti caranya untuk membersihkan history dan cache setelah menggunakan browser. Ini sangatlah penting bagi anda untuk menyelamatkan akun,setidaknya untuk meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan. Bisa saja para hacker mencari kesempatan lewat history dan cache.

4. Lakukan verifikasi 2 langkah atau lebih

Apa yang disebut dengan verifikasi 2 langkah atau lebih ?,yaitu cara ampuh untuk mengamankan sebuah akun.

Jika kita login facebook atau toko online sekalipun,nanti ada sebuah pemberitahuan untuk memasukkan sebuah kode yang sudah dikirimkan ke nomor telepon anda.

Jika anda tidak merasa membuka facebook atau toko online,abaikan saja dan jangan balas pesan dari nomor yang tidak anda kenal sekalipun. dan jika ada notifikasi terus menerus dalam satu hari,padahal anda tidak membukannya. Sebaiknya ganti password yang baru.

5. Backup file atau percakapan penting

Backuplah selalu file atau percakapan penting anda dengan orang tercinta. Baik itu teman,pacar,keluarga atau rekan bisnis sekalipun. Lakukan setidaknya 1 minggu sekali.

6. Pilih Update Aplikasi atau hapus aplikasi di Smartphone anda

Jika kamu menggunakan sebuah smartphone,sebaiknya selalu update aplikasi tersebut dan jangan terlambat sekalipun. Karena para hacker akan mencari celah(bug),dari aplikasi yang tidak di update sama sekali.

Dan jika anda merasa aplikasi itu tidak penting,segeralah hapus. Karena setiap update aplikasi,akan membuat space data akan menjadi penuh. Serta memberitahukan kepada teman-teman,jika sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut(facebook,whatsapp,bbm dan masih banyak lagi).

7. Gunakan dan update anti virus

Mungkin kita tidak menyadarinya,antivirus biasanya hanya menyaring file yang ada di komputer saja. Namun seiring perkembangan zaman,antivirus juga mengalami peningkatan tinggi dan bisa melindungi kita saat kita berselancar di internet. Seperti memberitahukan bahwa website ini merupakan malware,tidak terpercaya dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Cara Membersihkan Lensa Kamera Dengan Mudah

8. Jangan pernah menggunakan login with facebook

Ya,satu ini sangatlah bisa berbahaya. Karena setiap pencuri data pasti memanfaatkan celah yang satu ini,login with facebook. Sebenarnya bukan hanya facebook saja deh,twitter,google,instagram dan masih banyak lagi memiliki celah,bukan salah media sosialnya. Salah kita sendiri,yang melakukannya. Karena ingin praktis bukan ?.

Yah sekian dulu dari seo dulu,semoga bermanfaat bagi sobat seodulu,jangan lupa share ke sobat-sobat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *