Cara Membuat Blog Bule Agar Penghasilan Adsense Meningkat

Blog dengan berbahasa inggris,atau yang lebih dikenal dengan blog bule. Sangatlah menarik untuk dibahas,dan terutama untuk publisher indonesia yang memiliki kemauan untuk meningkat penghasilan adsense. Kenapa kok jadi acuan ?,ya di karenakan blog dengan bahasa indonesia hanya untuk orang indonesia.

Sedangkan bahasa inggris kita kenal,sebagai bahasa internasional yang resmi digunakan banyak orang di dunia. Apa lagi kita memiliki ide-ide segar,untuk membuat artikelnya setiap hari.

Sebelum membuat blog inggris,seodulu menganjurkan untuk memiliki domain unik dan mudah diingat,serta hosting atau vps yang bisa diakses dengan mudah. contohnya hosting atau vps dari singapura atau jepang,untuk mempermudahkan akses ke negara-negara tertarget,dan tidak memperlambat loading blog tersebut.

Yuk simak pembahasan berikut ini :

1. Melakukan riset keyword

Langkah pertama sobat harus melakukan riset keyword. Riset ini bertujuan untuk mengetahui volume pencarian perbulan, besarnya CPC dan tingkat persaingan dengan kompetitor di mesin pencari google.

Tentukan niche blog ?
Contoh : Tutorial, Internet dan computers, Health, Technology, Fashion, Beauty, Automotive, Machine, Property, Sports, Cooking and Food.

Tentukan Target Negara Premium
Contoh: US, Germany, France, Italy, Spain, United Kingdom, Australia, India, Canada, Rusia, Jepang, Denmark, Sverige, Ireland, Singapore, New Zealand, and Netherland

Mencari ide keyword untuk dijadikan judul dan optimasi

Ide keyword ini diambil dari turunan niche blog yang telah sobat tentukan sebelumnya.
Contoh : Blog dengan niche “Health” Ide keywordnya seperti : Diabetes, Cancer, Phobias, Depression, Hypertension, and Asthma.

Jika sobat masih bingung mencari ide keyword, buka situs berikut :

  1. Ezinearticles – buka list artikel kategorinya
  2. Amazon – lihat bagian Departments
  3. Google Trends – pilih kategori dan tentukan negara target untuk menemukan ide keyword yang sedang trends

Langkah terakhir : Menganalisa ide keyword
Untuk menganalisa keyword ini sobat membutuhkan sebuah tools. Tujuanya adalah untuk mengetahui jumlah pencarian (volume), CPC, dan tingkat persaingan dengan kompetitor.

Jadi contoh urutanya :

Niche Health – >Target negara  US –> Ide keyword Cancer ->Riset keyword

Rekomendasi tools untuk riset keyword  (berbayar) :
https://kwfinder.com – Tools riset dari luar negeri
https://longtailpro.com –  Tools riset dari luar negeri
https://www.semrush.com – Tools riset dari luar negeri
https://ahrefs.com –  Tools riset dari luar negeri
http://ezkeyword.com – Tools riset dari Indonesia

Baca Juga  5 Bahaya Mengerikan Headset Bagi Telinga dan Otak

 

2. Menggunakan aged domain

Untuk membuat blog bule saya lebih suka menggunakan aged domain. Memang tidak mudah menemukan aged domain yang berkualitas. Selain itu harga per domain terbilang mahal dibandingan dengan fress domain. Kelebihan aged domain yang paling utama adalah cepat terindeks dan memiliki banyak backlink.

Parameter aged domain yang berkualitas

Untuk mencari dan membeli aged domain sobat  bisa melakukanya melalui situs berikut :

3. Membuat blog dengan cms wordpress.org

menjadi pilihan yang tepat untuk membangun blog bule. Alasannya karena wordpress 100% milik kita sendiri (hosting dan domain ditentukan sendiri) selain itu wordpress memiliki kelebihan berupa Plugin.

Karena blog bule target pengunjungnya dari luar, maka kita perlu mengoptimasi secara optimal blog wordpress dengan menambah beberapa plugin.

Plugin yang diinstal di wordpress

  • Akismet anti – filter komentar spam
  • Autoptimize – memperkecil ukuran HTML, CSS dan JS.
  • Google XML sitemaps – membuat sitemap blog
  • WP Fastest Cache – mempercepat loading blog
  • Yoast SEO – Mengoptimasi konten dan keyword
  • Quick Adsense – Memasang iklan adsense
  • Click-Fraud Monitoring – Mencegah boom klik

Plugin Click-fraud monitoring tidak akan ditemukan di wordpress. Sekarang plugin ini tidak gratis, jadi sobat harus membelinya langsung ke situs resminya di http://www.clickfraud-monitoring.com

Tema atau template rekomendasi untuk wordpress :

Untuk tema wordpress saya lebih suka menggunakan produk dalam negeri. Alasanya jika terjadi kesalahan saat setting atau error kita akan lebih mudah berkonsultasi dengan pembuatnya. Selain itu juga sebagai dukungan kita terhadap produk-produk dalam negeri.
Sobat bisa memilih thema di situs : https://www.idtheme.com atau http://www.kentooz.com/all-themes. Berikut rekomendasi saya :

  • Theme Superfast
  • Theme Galepro
  • Fasthink Minimalis and high CTR adsense
Baca Juga  21 Website Gambar Gratis Cocok Untuk Pemain Blog Wallpaper

Rekomendasi memilih hosting dengan server luar
Ada banyak pilihan hosting, berikut ini rekomendasi beberapa master IM dari Indonesia :

4. Membuat konten berbahasa Inggris

Seteleh melakukan riset keyword, pilihlah 30 keyword dan segera buatkan artikel minimal 500 kata dan beri 1 gambar.

Cara memperolah artikel berbahasa Inggris

  • Menulis sendiri – harus pinter bahasa Inggris
  • Translate – gunakan http://www.bing.com/Translator
  • Rewriter  – gunakan tools https://wordai.com
  • Kerjasama dengan mahasiswa yang pinter bahasa Inggris
  • Kerjasama dengan guru/saudara/teman/ yang bisa berbahasa inggris
  • Mengunakan jasa penulis – ketik di google “jasa penulis artikel”

5. Lakukan promosi konten blog

Meskipun sudah menggunakan aged domain yang memiliki backlink, promosi konten blog harus tetap dilakukan agar blog sobat teroptimasi dengan lebih baik.
Promosi blog erat kaitanya dengan BACKLINK. Tanpa backlink konten blog sobat akan sulit memenangkan persaingan di halaman pertama google.

Membangun backlink untuk blog bule

Dalam penerapannya, backlink dibagi menjadi 2 yaitu : Foundational backlinks dan Power backlinks. Foundational artinya membangun backlink dasar. Sedangkan power backlink yang benar-benar memberikan kekuatan optimasi pada blog.

Foundational backlinks

  1. Link Profile – Sosmed : Facebook Fan Page, twitter.com, instagram.com, pinterest.com, plus.google.com, youtube.com, forum dan komunitas.
  2. Social Bookmarking – Bibsonomy.org, linkedin.com, stumbleupon.com, delicious.com, digg.com, slashdot.com, newsvine.com, scoop.it
  3. Submit artikel ke direktori – ezinearticles.com, articledirectory.com, amazines.com
  4. Document Sharing – slideshare.net, academia.edu, dropbox.com, powershow.com, authorstream.com, smashwords.com, wattpad.com, free-ebooks.net, lulu.com, scribd.com, issuu.com
  5. Situs Press Release : openpr.com, prlog.org, ecommwire.com, newswire.com.

Power Backlinks

  1. Blog Otoritas – mendapatkan backlink dofollow yang berasal dari blog berkualitas
  2. Guest Post – artikel kita yang dipublikasikan di blog orang lain
  3. Buat PBN

6. Analisa (Evaluasi blog)

Evaluasi blog adalah langkah terakhir untuk menentukan apakah blog bule yang sobat buat itu berhasil atau tidak. Parameter yang digunakan yaitu Statistik pengunjung dan Posisi keyword. Pengunjung banyak = berhasil, kalau sedikit yaa.. belum berhasil berarti.. mungkin ada yang salah dengan proses membangun blog bule nya.

Baca Juga  Cara Kirim Artikel ke Situs Berita Bikin Trafik Blog Tinggi

Sedangkan posisi terbaik keyword ya page one. Keyword terbaik ada di urutan 1-10.
Cek juga kesehatan blog sobat dengan tools berikut :

Riset keyword, aged domain, konten berkualitas, dan promosi sudah dilakukan semua. Saatnya sobat menggunakan tools untuk melihat statistik pengujung dan posisi keyword di pencarian.

Tools untuk mengetahui statistik pengunjung blog :

Tools untuk mengetahui posisi keyword :

Tunggu hingga blog dalam usia 3 bulan, Jika hasil statistik pengunjung blog dalam waktu 3 bulan sudah puluhan atau bahkan ratusan pengunjung itu tanda-tanda blog bule sobat berhasil.

Jika belum dipasang iklan, segara pasang iklan goolge adsense dengan letak iklan sesuai layout thema blog sobat. Umumnya pemasangan iklan adsense berada di : Header, sidebar, bawah navigasi dan di dalam artikel (di bawah judul, tengah, dan akhir artikel).

Tolak ukur kesuksesan blog bule

1. Memiliki pengunjung yang stabil
Stabil ini memang tidak ada angka pasti ya sob.. kita sendiri yang membuat batasanya. Jika postingan blog ada 30an dan pengujung perharinya 100 PV itu sudah bagus.

2. Pendapatan adsense meningkat 
Meningkatnya pendapatan adsense ini juga tidak ada tolak ukur pastinya. Hanya saja banyak yang menggunakan parameter PO (payout). Artinya minimal bisa gajian dari 1 blog bule itu sudah bagus.

3. Autopilot
Autopilot intinya blog sobat tidak perlu posting secara rutin seperti awal membangun blog bule. Setelah blog selesai dibuat dengan 20-40 artikel, lakukan optimasi dengan memberikan backlink, kemudian pasang iklan adsense dan terakhir tinggalkan blog. Cek sebulan sekali saja.

Kesimpulan : Untuk membuat sebuah blog bule,sangatlah dibutuhkan sebuah kesabaran ekstra,dan rajinlah untuk membuat artikel serta cari backlink. Serta pilihlah server dan plugin yang berkualitas. Karena dapat mempengaruhi loading blog kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *