Cara Membuat Google Formulir Untuk WordPress

Seo Dulu – Jika kamu sering mengunjungi sebuah website,pasti tahu dong apa itu Google Formulir. Google Formulir atau Google Forms adalah Layanan gratis dari Google yang berfungsi untuk membuat berbagai macam formulir online,alat yang berguna untuk membantu anda merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain sebuah kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisin. Form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet.

Dengan memanfaatkan Google Forms ini Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda dengan mengumpulkan alamat email untuk berlangganan newsletter dan memanfaatkan tanggapan yang diterima dari pengguna Anda.

Layanan Google form ini adalah layanan gratis yang memiliki banyak manfaat untuk Anda dan bisa dipasang dengan mudah di situs WordPress Anda. Di WordPress juga bisa membuat berbagai macam formulir dengan menggunakan plugin seperti Contact Form7 atau WPForm dan plugin sejenis lainya, akan tetapi jika sobat tidak ingin menggunakan plugin,dengan alasan tidak terlalu penting. maka solusi yang bisa sobat,gunakan adalah menggunakan Google Form. Google form cukup mudah disesuaikan di mana saja begitu juga di situs WordPress. Namun, sobat masih perlu mengikuti langkah-langkah tertentu agar Google form sukses untuk dipasang di situs WordPress Anda.
Sebelum kita mulai membahas langkah-langkah untuk memasang Google Form ke WordPress. Sebaiknya sobat pahami terlebih dahulu tentang Google Forms dan bagaimana mereka membantu.
Untuk menggunakan layanan Google Formulir ini, lebih baiknya sobat menginstall Google Drive di komputer atau perangkat seluler Anda karena Google form adalah salah satu layanan yang dibawa oleh layanan penyimpanan awan Google Drive seperti halnya layanan Google Document, Google Spreadsheet, dan Google Slides.
Anda dapat mendownload dan menginstall Google Drive di perangkat Anda secara gratis, silahkan download Google Drive disini ⇒ Download Google Drive. Untuk menjaga agar data-data penting sobat,tidak hilang begitu saja.

Langkah Membuat dan Memasang Google Form di WordPress

1. Buka “My Drive” dan Klik tombol “New”, Arahkan kursor mouse ke opsi “More” dan pilih menu “Google Forms” – Klik “Form a Template”.

2. Sobat akan diarahkan ke situs web Google Forms, di mana Anda perlu memilih opsi “Blank Form” untuk membuat formulir sesuai keinginan Anda atau bisa memilih formulir yang sudah jadi pada bagian “Template Gallery”.

3. Setelah memilih opsi “Blank Form”, isi judul dan deskripsi formulir. Mulai tambahkan kolom formulir Anda. Jika Anda membutuhkan Anda bisa mengklik tombol “Add”, di bawah menu untuk menambahkan field baru dalam formulir. Google Forms juga memberi Anda pilihan untuk mengubah jenis pertanyaan dan jawaban.
Klik pada “Multiple Choice”, menu drop down di pojok kanan dan pilih pola pilihan Anda. Anda juga bisa menambahkan berbagai macam teks, video, gambar maupun section.

4. Jika pembuatan formulir sudah selesai Anda bisa langsung klik tombol “Send”. Anda akan diarahkan ke jendela “send form popup”. Klik pada tab “Embed”, yang terlihat seperti ini “< >” dan klik “copy” untuk menyalin kode embed. Pada bagian ini Anda juga bisa mengatur ukuran formulir yang akan ditampilkan di situs Anda. Dan juga dapat secara langsung membagikan formulir ke media sosial seperti Google Plus, Facebook dan Twitter.

5. Setelah Anda mencopy kode “Embed HTML” tersebut, silahkan Paste kode embed ke bagian posting atau halaman di situs WordPress Anda. Dan jangan lupa untuk mengubah editor WordPress Anda dari Visual ke Text terlebih dahulu dan paste kode embed form pada posisi yang Anda inginkan.

Google Drive google form 6

6. Setelah itu silahkan klik pada tombol “Publish” dan sekarang formulir Anda siap untuk Anda gunakan di situs WordPress Anda.

Setelah semua sudah selesai,hasilnya akan seperti ini.

7. Untuk melihat hasil dari tanggapan formulir tersebut,sobat dapat melihatnya disini.

Terima kasih telah menyempatkan membaca artikel ini,semoga bermanfaat. Kurang dan lebih dapat di pelajari sendiri,karena tutorial dapat berubah sewaktu-waktu. Jangan lupa share ya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!