Cara Memilih Layanan Web Hosting Tepat Untuk WordPress

Seo Dulu – Sobat tidak asing kan apa itu layanan hosting ?. Jika sobat telah mengunjungi beberapa website perusahaan hosting, maka sobat sudah pasti melihat bahwa ada begitu banyak pilihan dari hosting gratis, shared hosting, VPS, dedicated server hosting, dll. Ada begitu banyak pilihan,dan sobat mungkin tidak tahu mengapa harga yang ditawarkan sangatlah berbeda-beda,layanan hosting yang pertama menawarkan $20/Month,sedangkan layanan hosting yang kedua menawarkan $50/Month. Di artikel ini,sobat akan tahu segala sesuatu tentang paket hosting dan mudah-mudahan artikel ini menjadikan anda paham dan bisa menentukan mana layanan hosting yang sesuai kebutuhan sobat.

 

WordPress adalah sebuah script yang cukup sederhana dan tidak memiliki persyaratan yang tinggi, sehingga sebagian besar penyedia hosting dapat menjalankan situs WordPress Anda. WordPress secara resmi merekomendasikan Apache atau Nginx sebagai server yang paling kuat dan memiliki fitur untuk menjalankan WordPress, namun server yang mendukung PHP dan MySQL akan juga dapat mendukungnya. Berikut adalah persyaratan hosting untuk WordPress :
  • PHP versi 7 atau diatasnya
  • MySQL 5.6 atau diatasnya OR MariaDB 10.0 or diatasnya
  • Mendukung mod_rewrite Apache module
  • Mendukung HTTPS
Catatan: Jika Anda berada dalam lingkungan hosting lama di mana Anda hanya memiliki versi PHP atau MySQL yang lebih tua, WordPress juga bekerja dengan PHP 5.2.4+ dan MySQL 5.0+, namun versi ini telah sampai pada tanggal akhir resmi dan dengan demikian dapat mengekspos situs Anda ke Kerentanan keamanan.
Ini hanya persyaratan yang paling penting, tetapi Anda juga akan memerlukan cukup banyak ruang hard disk tergantung pada konten website Anda dan popularitas dari website anda tersebut. Perlu diingat bahwa sebagian besar penyedia hosting menawarkan instalasi WordPress gratis, sehingga memudahkan anda dalam menginstall wordpress.
Sebelum anda membayar hosting, sebaiknya terlebih dahulu anda cari referensi terlebih dahulu, mana perusahaan hosting yang terbaik dengan harga yang terjangkau tentunya. Jika perusahaan memiliki reputasi buruk atau staf pendukung tidak membantu, tentunya anda akan menyesal dan ingin pindah ke hosting yang lain. Cari penyedia hosting yang memiliki reputasi yang sangat baik dan memberikan garansi dari layananya, sehingga jika anda tidak puas bisa meminta uang anda kembali.
Setiap blog berbeda dan tergantung pada tujuan, Misalnya, jika Anda menjalankan sebuah blog tentang fotografi, editing gambar, Photoshop, dll maka Anda pasti akan membutuhkan banyak ruang hard disk untuk meng-upload semua gambar Anda. Hal yang perlu anda ketahui tentang layanan hosting gratis, shared hosting, VPS, dedicated server hosting.

Berikut Perbedaanya :

Hosting gratis

Ya gratis! Ini adalah keuntungan terbesar dan tergantung pada kebutuhan Anda, mungkin cukup untuk blog WordPress Anda. Biasanya, hosting gratis memiliki uptime yang baik, tapi bandwidth terbatas, ruang hard disk terbatas, account email terbatas, dll Jika Anda ingin menjalankan sebuah blog pribadi, maka hosting gratis mungkin akan cukup untuk Anda, tetapi jika Anda ingin menjalankan sebuah blog yang lebih populer, maka jangan gunakan hosting yang gratisan.

Shared hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang paling populer digunakan oleh kebanyakana blogger dan bisnis kecil, shared hosting adalah jenis hosting yang sering digunakan blogger baru. Hosting ini sangat terjangkau dan memenuhi kebutuhan sebuah blog yang cukup populer.

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting yang menggunakan teknologi komputasi awan yang memungkinkan jumlah server yang tidak terbatas untuk bertindak sebagai satu sistem. Jika layanan hosting seperti paket (shared atau dedicated) itu hanya bergantung pada satu engine server saja, sedangkan layanan hosting cloud bergantung pada banyak server. Dari segi keamanan untuk cloud hosting juga sangat terjamin karena cloud hosting dijamin oleh banyak server sekaligus.

VPS hosting

VPS hosting memungkinkan Anda untuk ‘sewa’ mesin virtual. Pada dasarnya, mesin virtual adalah bagian dari sebuah server fisik. Layanan ini lebih mahal dan menyediakan banyak bandwidth, ruang hard disk dan kinerja. Singkatnya, ini adalah dedicated server yang lebih kecil dan lebih lemah tentunya.

Dedicated hosting

Dedicated hosting adalah jenis yang paling mahal dan hanya digunakan oleh blogger profesional yang menjalankan website yang sangat populer. Dengan menggunakan layanan hosting khusus, Anda akan memiliki akses ke server fisik Anda sendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih perangkat keras, koneksi internet, sistem operasi, aplikasi, dll
Ini adalah hal yang paling penting yang perlu Anda ketahui tentang web hosting dan seperti yang Anda baca sebelumnya, pilihan terbaik untuk blog WordPress adalah layanan shared hosting. Hal ini lebih terjangkau dan memenuhi kebutuhan rata-rata blogger. Tapi Anda harus siap untuk membayar layanan hosting yang lebih baik lagi suatu saat nanti jika komunitas blog Anda tumbuh dan Anda blog menjadi lebih populer.
Baca Juga  Cara Mempercepat Loading Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *