Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai Pada Smartphone Android Dan IOS

Seo Dulu –  Sekarang sudah banyak perangkat Android ,memiliki fitur pengisian cepat alias fast charging. Sayangnya, sebagian besar masih ada Smartphone Android mid end dan low end belum memiliki fitur ini. 

Pengguna 
setidaknya harus menunggu sampai 2,5 jam agar baterai perangkatnya terisi penuh.

Namun ternyata, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat pengisian daya di perangkat Android. Meski tak secepat pengisian daya pada smartphone dengan fitur fast charging, hal ini cukup bisa diandalkan.

Bagi sobat seodulu,yuk simak Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai Pada Smartphone Android Dan IOS

1. Pilih Charger dan Daya Listrik yang Tepat

Sebagaimana diketahui, charger Android memang universal. Artinya, satu charger atau kabel data bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel Android lainnya.

Meski begitu, menghubungkan kabel data pada laptop atau PC untuk mengisi daya Android bukanlah pilihan tepat, jika kamu ingin mengisi daya ponsel lebih cepat. Dengan demikian, alangkah lebih baik jika kamu menghubungkannya langsung dengan sumber listrik.


Selain itu, banyak perangkat Android yang sudah dilengkapi fitur fast charging, namun sebagai konsumen kamu harus memahami tak semua perangkat Android yang dilengkapi dengan fast charging, hadir dengan charger yang mendukung pengisian cepat.

Misalnya, LG G4 sebetulnya sudah didukung fitur fast charging, namun belum didukung charger yang mampu mengisi daya cepat. Ketika membeli kepala charger, pastikan kamu tak membeli charger sembarangan untuk meminimalkan risiko terbakar. Karena jika,daya charger yang besar,namun baterai tidak kuat menampungnya,akan terjadi sia-sia dan merusak sistem.

2. Aktifkan Airplane Mode


Jika ingin mengisi daya lebih cepat, pastikan perangkat Android kamu tak digunakan untuk berbagai hal misalnya untuk browsing, memotret, menelepon, dan aktivitas lainnya. Karenanya, sebaiknya kamu mengaktifkan modus penerbangan (Airplane mode) saat daya ponsel sedang diisi.


Hal ini dapat memblokir semua sinyal wireless radio yang masuk ke smartphone dan mengurangi berbagai aktivitas online yang dilakukan oleh ponsel seperti menerima telepon dan lain-lain.

3. Matikan Perangkat Android Saat Diisi Daya

Mematikan perangkat saat sedang diisi daya bakal mempercepat pengisian daya pada perangkat Android. Bahkan, dengan mematikan perangkat, pengisian daya bisa dilakukan lebih cepat dibandingkan hanya mengaktifkan modus penerban


4. Aktifkan Modus Penghemat Baterai (battery-saving mode)

Semua perangkat Android Lollipop sudah dilengkapi dengan fitur penggemat baterai alias battery-saving mode, seperti Motorola dengan fitur Motorola Doze-nya.

Untuk menggunakannya, jangan lupa mengaktifkan fitur ini supaya pengisian daya pada Android bisa lebih cepat.

5. Matikan Fitur-Fitur Tak Penting


Jika ingin mencharger dengan keadaan hidup,ada Cara lain yang dapat dilakukan supaya pengisian daya pada Android berlangsung lebih cepat,adalah dengan menonaktifkan fitur-fitur tak terpakai.


Beberapa fitur yang mungkin bisa dinonaktifkan saat sedang diisi daya misalnya Bluetooth, GPS, Wi-Fi, NFC, dan lain-lain yang sekiranya bisa meningkatkan konsumsi pemakaian baterai.

Terutama Mematikan Auto Sync (Sinkronisasi Pada Android)


Selanjutnya, kamu juga bisa menutup semua aplikasi agar pengisian daya lebih cepat.


Semoga bermanfaat,terima kasih telah mengikuti petunjung dari seodulu, Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Review Android Le Pro 3 Pakai Snapdragon 821 dan RAM 6 GB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *