Cara Mengatasi Keyboard Laptop Rusak Dengan Mudah

Seo Dulu – Laptop merupakan perangkat elektronik yang sangat praktis,bisa dibawa kemana saja,dan sangat penting. Terlebih bagi mereka anak sekolah,mahasiswa dan pekerja kantoran yang selalu mengadakan meeting atau kumpul di tempat-tempat terbuka.seperti cafe atau taman.

Namun, bagaimana jadinya ketika Anda tengah fokus mengerjakan tugas, tiba-tiba keyboard laptop mendadak rusak atau tidak berfungsi? Sangat menjengkelkan bukan?.

Tetap tenang,dan jangan panik. Semua masalah pasti ada solusinya,tidak selamanya tukang servis selalu menjadi pelarian. Sebaiknya lakukan tips mengatasi keyboard laptop rusak berikut ini sebagai tindakan awal atau pertolongan pertama.
Tips Mengatasi Keyboard Laptop Rusak
1. Aktifkan On-Screen Keyboard
 
Langkah utama yang bisa Anda lakukan ketika keybord lapto rusak yaitu dengan mengaktifkan on-screen keyboard pada layar laptop Anda. Dengan begitu, Anda masih bisa mengetik meskipun keyboard rusak. Bagaimana caranya? Anda tinggal klik start  All Programs  Accessories  Ease of Access  On-screen keyboard. Maka pada layar laptop Anda akan muncul keyboard yang memiliki fungsi yang sama dengan keyboar laptop.
2. Reboot Laptop
 
Tips mengatasi keyboard laptop rusak yang kedua yaitu dengan melakukan reboot laptop. Tujuannya melakukan reboot laptop yaitu untuk memperbaiki kesalatan sistem file  yang menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Akan tetapi, apabila setelah dlakukan reboot, keyboar tetap tidak berfungsi maka Anda bisa melakukan tips mengatasi keyboard laptop rusak yang selanjutnya.
3. Periksa Keyboard

 

Tips selanjutnya yaitu memeriksa keyboard dari adanya debu atau kotoran. Keyboard yang tidak berfungsi bisa dikarenakan keyboard dalam keadaan kotor. Mungkin, ada sisa-sisa makanan yang masuk ke dalam celah-celah keyboard saat Anda mengetik sambil makan.
Anda dapat membersihkan keyboard secara manual dengan membuka laptop dan membalikkannya, agar sisa-sisa makanan yang berada di celah keyboard jatuh dengan sendirinya. Atau Anda juga bisa menggunakan vacuum khusus komputer untuk membersihkan debu dan kotoran.
4. System Restore 
 
Tips mengatasi keyboard laptop rusak selanjutnya yaitu mengembalikan sistem keyboard semula. Jadi, ketika Anda telah membuat sebuah sistem restorepoint saat keyboard sedang bekerja, maka ketika keyboard tiba-toba tidak berfungsi, Anda bisa mengembalikan sistem semula. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi keyboard yang rusak akibat menginstall perangkat yang tidak diketahui. Untuk itu, berhati-hatilah saat melakukan installasi software pada laptop Anda. Pastikan bahwa software yang Anda install merupakan software yang aman.
5. Periksa Driver
 
Apabila cara di atas tidak dapat mengembalikan keyboard berfungsi sebagaimana mestinya. Bisa jadi, keyboard yang rusak disebabkan karena kabel keyboard yang tidak terhubung dengan motherboard laptop. Jika hal ini terjadi, periksalah drivernya, Anda dapat membawa laptop ke service komputer dan biarkan teknisi yang memperbaikinya.
Memperbaiki keyboard melalui driver tidak sembarang orang dapat melakukannya. Oleh sebab itu, jika Anda tidak memiliki keterampilan memperbaiki laptop rusak, maka jangan mencoba-coba membongkar laptop sendiri. Kesalahan yang terjadi dapat memperparah kerusakan pada bagian lain.
6. Koneksi Keyboard
Tips mengatasi keyboard laptop rusak yang terakhir yaitu koneksi keyboard yang tidak sesuai. Jika keyboard Anda mengalami masalah, bisa jadi disebabkan pula karena kabel keyboard yang tidak terhubung ke motherboard dengan tepat. Untuk itu, bawalah ke service komputer untuk memeriksa dan memperbaikinya.
Selain tips diatas,ada juga sebuah aplikasi yang dapat mengecek keyboard laptop. Namanya PassMark KeyboardTest. Cari di google atau kunjungi https://www.passmark.com/products/keytest.htm
 
Cara kerja dari aplikasi tersebut sangatlah mudah,tinggal buka aplikasinya dan test satu persatu tombol pada keyboard tersebut. Jika tombol menunjukkan warna hijau,berarti keyboard masih normal,dan jika warnya merah,berati tombol tersebut rusak. Dan tentunya ada pilihan untuk diganti,atau mungkin masih di pakai.
Terima kasih,semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!