Cara Mengurangi Bounce Rate di WordPress

Memiliki sebuah blog atau website memanglah sangatlah menyenangkan,di sana kita bisa membuat sebuah artikel atau postingan yang bermanfaat bagi semua orang. Ketika bermanfaat bagi semua orang,kita akan berbicara tentang analisis lalu lintas web, kita biasanya berbicara tentang Visitors, Pageview, sumber lalu lintas dan bahkan kita bisa menghabiskan banyak waktu untuk semua itu agar meningkat dan menjadi lebih baik. Namun, kadang-kadang kita melupakan tentang Bounce Rate.

Bounce Rate adalah Tingkat Exit atau keluar meninggalkan situs dalam analisis web, menunjukkan persentase pengunjung yang memasuki situs Anda dan keluar dari situs Anda. Tingkat bouncing dapat diartikan tentang lama waktu pengunjung berada di situs Anda. Sementara metrik lainnya seperti Pengunjung atau Pageview banyak mengatakan tentang jumlah lalu lintas yang datang ke situs Anda, sedangkan Bounce rate mewakili kualitas lalu lintas situs Anda.
Apakah bounce rate mempengaruhi SEO? Tentu saja jawabannya adalah Iya. Bayangkan jika terdapat ribuan pengunjung mengunjungi situs Anda dan 90% dari mereka langsung keluar pada saat yang sama, itu bisa langsung dinilai bahwa ternyata situs Anda tidak cukup baik. Dengan melihat angka tersebut maka mesin pencari akan menilai bahwa situs Anda tidak berkualitas dan akan mempengaruhi untuk peringkat halaman pertama untuk hasil pencarian dari Google.

Cara Mengurangi Bounce Rate

Menarik pengunjung memang sulit, tapi membuat pengunjung betah berlama-lama disitus Anda itu jauh lebih sulit. Dan berikut tips agar pengunjung tetap berlama-lama disitus Anda sehingga dapat menekan nilai Bounce Rate agar tetap rendah.

1. Menarik Pengunjung yang Tepat

Seperti disebutkan di atas, lalu lintas yang salah datang ke situs Anda akan menjadi alasan yang mendorong naiknya bounce rate, karena pengunjung jelas tidak menemukan kepentingan dan keuntungan dari situs Anda.
Pertama, Tentukan niche dari situs Anda dan pengunjung yang tertarget. Kemudian berpikir tentang kata kunci, pesan yang akan Anda gunakan untuk menjangkau mereka melalui saluran mana. Jangan mencoba untuk mendapatkan lalu lintas sebanyak mungkin dan menarik sembarang pengunjung acak. Lalu lintas tinggi tapi bounce rate juga tinggi itu tidak akan membantu.
Kedua, pastikan Anda menarik lalu lintas yang tepat dengan kata kunci yang baik dengan strategi SEO yang tepat.

2. Desain dan Layout Website yang Baik

Ketika pengunjung mendarat di situs Anda, kesan pertama pengunjung rasakan adalah apakah mereka harus mengklik tombol X close di browser atau melanjutkan surfing disitus Anda. Sebuah situs dengan tata letak dan desain yang bersih dan rapilah yang akan memenangkan kesan pertama pengunjung dan membuat mereka memutuskan untuk tinggal sedikit lebih lama.
Berbicara tentang layout dan desain web, ada hal lain yang harus Anda pertimbangkan yaitu Anda harus memilih theme yang responsif. Orang-orang bisa mengunjungi situs Anda menggunakan ponsel dan tablet. Anda bisa memilih dan mendapatkan ratusan theme WordPress responsive dan gratis dengan layout yang bagus disini.

3. Konten adalah Raja

Konten adalah raja dan konten yang baik membuat pengunjung betah disitus Anda. Ada beberapa faktor yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan konten bagus yang dapat membuat pengunjung Anda betah berlama-lama disitus Anda:

  • Pastikan pesan utama Anda ditampilkan dengan jelas
  • Gunakan judul yang jelas, judul dan subjudul
  • Pastikan konten Anda tersusun dengan baik
  • Pastikan konten sesuai dengan target pengunjung yang tepat
  • Hindari kesalahan penulisan
  • Tambahkan gambar ataupun video dalam kontent
Baca Juga  Kumpulan Plugin Lazy Load Terbaik Untuk Mempercepat Situs WordPress

4. Situs bermanfaat bagi pengunjung

Katakanlah Anda telah menarik pengunjung yang tepat, website Anda dirancang dengan baik dan disesuaikan dengan konten yang baik, Anda telah mendapatkan perhatian target pengunjung dan membuat mereka tinggal selama satu menit. Pada titik ini, apa yang membuat mereka tinggal lebih lama sangat tergantung pada manfaat situs Anda.
Sangat penting untuk membuat pengunjung merasa nyaman melihat situs Anda, memberi mereka pengalaman yang menyenangkan dengan situs Anda. Ini akan membuat mereka tinggal lebih lama atau terus datang kembali untuk melihat situs Anda.

5. Link internal

Ini bekerja terutama untuk blog dan berita website. Bila pengunjung selesai membaca salah satu artikel Anda, apa berikutnya? Buat pengunjung Anda melihat artikel-artikel menarik lainnya di situs Anda. Buat Related Post di bagian akhir artikel Anda, dan jangan lupa menautkan artikel yang relevan di dalam artikel. Hal tersebut akan membuat pengunjung berlama-lama disitus Anda dan mendapatkan lebih dari apa yang dicari.
jika tehnik ini tidak berhasil Anda bisa menggunakan teknik scroll tak terbatas, ini secara otomatis pengunjung bisa menunggu sampai mencapai akhir setiap posting. Dan jangan lupa untuk memasang widget popular post pada sidebar blog WordPress Anda agar pengunjung dengan mudah mengetahui daftar artikel menarik disitus Anda.

6. Kolom Pencarian

Pastikan situs web Anda memiliki fitur pencarian yang mudah dan diletakkan pada tempat yang tepat. Dengan begitu pengunjung akan mudah ketika mereka ingin mencari artikel Anda dengan cepat. Karena jika mereka tidak menemukan Apa yang terjadi ketika pengguna datang ke situs Anda dan tidak bisa menemukan informasi yang dibutuhkan mereka hanya dalam beberapa klik, maka dengan cepat mereka akan meninggalkan dan tidak akan pernah kembali lagi kesitus Anda.  Jadi pastikan widget pencarian Anda terlihat jelas, sehingga pengunjung bisa tahu fitur tersebut dan menggunakannya.

7. Kurangi Gangguan

Hal ini menjengkelkan bagi pengunjung ketika mereka mengunjungi sebuah situs dan mereka mendapatkan halaman yang dikelilingi oleh banyak banner iklan, promosi bar dan bahkan pesan pop-up. Mereka mengalihkan perhatian pengunjung dari konten utama. Dan hal itu tentunya akan membuat pengunjung langsung pergi dan melupakan situs Anda, jadi buat situs Anda bersih dan kalaupun ada harus memasang iklan, buat tata letak iklan itu terlihat elegan dan susun iklan pada posisi yang tepat sehingga tidak mengganggu pengunjung. Jangan sampai Anda membuat blog Anda memiliki komposisi iklan yang lebih banyak daripada konten Anda.

8. Mempercepat Loading situs

Kecepatan loading halaman situs web juga merupakan faktor penting. Percayalah, tidak ada yang bersedia menunggu lebih dari 10-15 detik untuk memuat blog Anda, kecuali untuk pengguna yang sangat sabar. Dengan blog yang memiliki loading lambat tentunya pengunjung bisa hilang kesabaran dan pasti akan meninggalkan situs Anda dengan cepat bahkan sebelum mereka membaca tulisan Anda. Jadi pastikan untuk membuat situs web atau blog Anda memiliki kecepatan yang bagus saat di load. Anda bisa mengguakan hosting berkualitas dan menginstall plugin caching disitus WordPress Anda. Kecepatan situs juga sangat berpengaruh pada peringkat hasil pencarian.
Terima kasih telah berkunjung,semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *