Jack Ma Bilang Alibaba Beli Saham Lazada

Google Image

Seo Dulu – Berita mengejutkan dari ,pengusaha sukses asal Tiongkok (Jack Ma). 

Perusahaan Alibaba Group Holding dari China,berhasil memperluas pasar bisnis jual beli online di wilayah Asia Tenggara dengan membeli saham Lazada senilai US$1 miliar atau sekitar Rp13 triliun dari Lazada Group. Langkah ini membuat Alibaba jadi pemilik saham mayoritas dan akan mengendalikan Lazada.

Alibaba akan membayar US$ 500 juta untuk saham baru di Lazada dan sisanya membeli saham dari investor yang sudah memberi pendanaan sebelumnya.

Menurut laporan Bloomberg, sejumlah investor Lazada yang menjual sahamnya kepada Alibaba adalah Rocket Internet SE, Tesco Plc dan Investment AB Kinnevik.  Lazada yang merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman Rocket Internet.


Rocket Internet juga masih memiliki keuntungan dari saham yang di jual,yaitu 8,8 % saham di Lazada Grup, Serta di Tesco sebesar 8,3 persen, dan Kinnevik masih 3,6 persen.

Lazada selama ini dikenal sebagai e-commerce yang menjual produk elektronik dan pakaian di enam pasar Asia Tenggara, terdiri dari Malaysia,Thailand,Vietnam,Singapura,Filipina dan 
termasuk Indonesia. Namun, perusahaan ini mengalami kerugian operasi yang tinggi.

“Dengan investasi di Lazada, Alibaba mendapatkan akses ke platform dengan basis konsumen besar dan berkembang di luar China. Tim manajemen terbukti punya dasar yang kuat,” kata Presiden Alibaba Michael Evans dalam sebuah pernyataan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!