Kumpulan Plugin Cache Terbaik untuk Mempercepat Situs WordPress

Seo Dulu – Dalam membuat sebuah website berbasis platform wordpress,harus mempersiapkan langkah-langkah dasar. Agar nantinya website kita bisa diakses dengan cepat,dan tidak berantakan. Membangun website berbasis wordpress,tidak boleh asal-asalan.

Salah satu yang diutamakan adalah menggunakan plugin Cache. Banyak manfaat yang akan sobat dapatkan, jika memiliki website yang cepat, tidak hanya ramah terhadap pengguna tapi juga akan meningkatkan peringkat situs secara drastis di mesin pencari.
Dan jika Anda mencari tips mempercepat WordPress di internet, maka Anda akan menemukan banyak sekali cara untuk diterapkan dan tentu itu akan membuat pengguna WordPress pemula merasa kesulitan. Tapi menurut saya, sobat dapat mengoptimalkan kecepatan situs WordPress Anda hanya dengan 2 langkah sederhana, yaitu :
  • Gunakan hosting yang tepat (Lokasi Server,Full Support atau pelayanan memuaskan,jarang down)
  • Install plugin cache
Pada artikel kali ini seodulu akan memberikan daftar kumpulan plugin cache WordPress terbaik untuk meningkatkan kecepatan WordPress. Ada begitu banyak plugin cache bisa sobat temukan di direktori WordPress, dan untuk mempersempit pencarian Anda sekaligus menghemat waktu Anda alam pencarian plugin cache terbaik, maka kali ini seodulu hanya menampilkan kumpulan dari plugin cache yang terbaik. sobat bisa memilih salah satu dari daftar ini dan segera rasakan perubahan yang akan Anda dapatkan.
 1. WP Rocket
WP Rocket adalah salah satu plugin cache terbaik yang perlu Anda coba, plugin ini merupakan plugin premium dan sama sekali tidak memiliki versi gratis seperti plugin caching lainnya. Plugin ini juga sangat layak menjadi plugin premium karena memang memiliki banyak sekali fitur yang tidak dimiliki plugin pesaing lainnya dan dari banyaknya fitur tersebut mereka kemas dengan sangat sederhana untuk memudahkan pengguna dalam melakukan setup.
Saya sendiri juga menggunakan plugin WP Rocket untuk menangani cache pada blog centerklik ini. Saat ini wp rocket digunakan oleh lebih dari 270 ribu pengguna dan mereka merasa puas dengan kecepatan yang di optimalkan.

Plugin ini ditawarkan dengan harga $39 untuk penggunaan 1 website dan sudah sekaligus 1 tahun update dan dukungan.

Baca Juga  Pentingnya Mengubah URL Login Wordpress

Plugin wp rocket merupakan plugin premium dan sangat bermanfaat untuk kecepatan blog sobat,salah satunya teknologi lazy load image : Memuat sebuah artikel terlebih dahulu,setelah itu baru gambar serta CDN (conten delivery network) dari cloudflare yang sudah satu paket,tanpa menambah plugin cloudflare.

2. WP Super Cache

 

WP Super Cache adalah plugin cache terbaik untuk WordPress dan ini adalah plugin cache gratis dengan pengaturan sangat sederhana. WP Super cache dikembangankan oleh Automattic, dimana automattic adalah perusahaan di balik WordPress yang tentu saja tidak dapat diragukan lagi.
WP Super Cache membagi konfigurasi cache menjadi dua pilihan yaitu Easy dan Advanced. Dimana untuk pemula yang tidak memiliki pengetahuan tentang cache dapat memilih pengaturan untuk “Easy” yang sangat sederhana namun juga memberikan hasil yang bagus. Dan pilihan “Advanced” ditujukan untuk pengguna yang sudah berpengalaman, Jika Anda bisa melakukan konfigurasi pada bagian Advanced ini maka Anda akan dapat menikmati fitur-fitur lebih dalam mengenai caching dan tentu pilihan advanced akan jauh lebih optimal dalam mendongkrak kecepatan WordPress.
3. WP Fastest Cache
WP Fastest Cache adalah plugin populer yang saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna WordPress diseluruh dunia, tapi hal yang mengesankan dari plugin ini begitu banyaknya pengguna memberikan rating bintang 5, hal itu membuktikan bahwa plugin ini memang benar-benar baik yang akan menjadikan situs WordPress Anda cepat.
WP Fastest Cache memiliki Panel pengaturan yang mudah dan pengguna WordPress pemula saya rasa dapat dengan mudah menggunakan plugin ini. Plugin ini memiliki versi pro yang akan mengaktfikan semua fitur-fitur unggulan seperti alat pengoptimalan gambar dan sederet fitur keren lainnya.
4. Cache Enabler
Cache enabler adalah plugin cache yang tergolong baru, namun alat ini bekerja dengan sangat baik. Tidak ada pengaturan yang rumit akan Anda temukan pada plugin ini karena memang sangat sederhana dan hanya ada satu halaman pengaturan. Plugin ini akan sangat cocok bagi pemula yang tidak begitu memahami WordPress.
Pada dasarnya plugin cache ini tidak memiliki fitur canggih seperti hal nya plugin cache lainnya, tapi untuk situs yang tidak terlalu besar dan untuk pemula, alat ini sudah sangat ampuh untuk meningkatkan kecepatan situs WordPress.
5. W3 Total Cache
W3 Total Cache adalah plugin cache terbaik yang tidak bisa diragukan lagi kemampuannya, sama seperti WP Super Cache yang juga sudah digunakan oleh jutaan pengguna diseluruh dunia. Plugin ini memiliki pengaturan yang rumit dimana pengguna pemula akan merasa kesulitan untuk melakukan setup dan konfigurasi.
plugin ini sangat cocok jika Anda menggunakan server hosting diatas shared hosting. Karena hal-hal seperti caching database dan caching objek terkadang dapat menurunkan performa situs jika Anda berada pada shared hosting murah.
Ini adalah plugin yang sangat bagus dan cocok untuk pengguna expert yang berpengalaman, dan bagi pengguna pemula WordPress lebih disarankan untuk menggunakan plugin cache lain yang lebih sederhana untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat menurunkan performa situs Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *