Solusi : Kacamata Canggih Buat Tunanetra Agar Dapat ‘Membaca’ Kembali

Seo Dulu – Perkembangan teknologi zaman sekarang,membuat orang semakin yakin kalau mimpi kita bisa di raih dengan sempurna.

Contoh sederhana adalah,dulu ingin berkomunikasi dengan saudara yang jauh perlu menggunakan jasa pengantar surat,dan zaman semakin berkembangan terciptalah handphone dengan metode sms dan telepon. Dan terus berkembang lagi,yang namanya media sosial, jadi kita lebih tahu keseharian saudara-saudara kita yang jauh disana.

Tak hanya media komunikasi,kacamata juga mengalami perubahan. Dulu,kacamata hanya sebagai pelindung dari debu,mata plus/minus. Atau hanya untuk sekedar gaya-gayaan saja.

Para peneliti berupaya untuk menciptakan inovasi,untuk membantu. Dengan di buatnya Kacamata untuk tunanetra ini,agar kedepannya semua orang bisa melihat.

Sebuah kacamata yang mampu ‘membaca’ teks dan mengubahnya menjadi suara, memungkinkan tunanetra dapat membaca kembali. Perangkat yang telah diuji oleh para ilmuwan ini terlihat seperti kamera kecil yang menempel di sisi samping kacamata.

Dengan teknologi OCR – karakter membaca optik – teknologi, kamera, dan komputer kecil, membaca akan menjadi hal yang biasa bagi tunanetra. Cara kerja perangkat ini pun tidak terlalu sulit. Anda cukup menunjuk objek dan menekan tombol pemicu, hasil berupa suara akan terdengar di telinga seseorang yang memakai kacamata tersebut.

Para peneliti di University of California mengatakan teknologi ini membuat pengguna meningkatkan kemampuan seseorang dengang penglihatan terbatas untuk membaca buku, menu, surat kabar, dan surel. Malahan, kamera di kacamata tak hanya terbatas pada membaca teks, tapi juga membuat penggunanya dapat mengenali wajah dan suatu produk.

Semoga bermanfaat,terima kasih telah berkunjung. Terima kasih juga beberapa media,yang menjadi sumber inspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!