WP Slimstat Analytics : Plugin WordPress Untuk Mengetahui Statistik Pengunjung Secara Lengkap

Seo Dulu – Ketika kita meluncurkan sebuah website,blog,ataupun landing page. Pasti membutuhkan suatu alat yang bernama analystic,gunanya dari analystic adalah melihat perilaku pengunjung situs Anda, maka Anda akan dapat mengoptimalkan situs untuk meningkatkan hasil yang lebih baik dan mengkonversi pengunjung Anda menjadi penjualan. Karena dengan adanya informasi dari web Analytics Anda bisa melakukan analisa secara tepat dari data-data aktual, bukan sekedar dari gagasan atau pendapat semata.

Analytics tidak hanya sekedar memperlihatkan jumlah pengunjung dan jumlah tampilan halaman tapi juga sangat penting dalam membantu Anda memahami teknik promosi mana yang bekerja dengan baik untuk situs web Anda. Sebagai contoh, mungkin saat ini Anda sedang berinvestasi untuk melakukan promosi melalui iklan seperti Penelusuran Berbayar atau memasang banner di situs web populer, maka dengan web analytics Anda akan dengan mudah dapat melihat berapa banyak pengunjung yang diarahkan ke situs web Anda dari kampanye yang Anda lakukan tersebut, dan selain itu bisa melihat apakah pengunjung yang datang ke situs web Anda tersebut merupakan pengunjung ideal yang dapat mencapai sasaran situs web Anda.
Selain itu, web analytics bisa sangat berguna dalam membantu Anda menemukan hal-hal yang tidak bekerja di situs Anda dan menemukan mana yang bekerja untuk Anda. Dengan begitu Anda bisa segera mengambil keputusan untuk mengoptimalkan hal yang bekerja dengan baik atau berhenti atau memperbaiki hal yang tidak bekerja untuk situs web Anda.
Web analytics akan benar-benar memberi manfaat dan perubahan besar pada situs web Anda dan tentunya kemajuan di bisnis online yang Anda jalankan jika Anda mampu menafsirkan data-data yang ditampilkan dengan benar.

Perkenalkan,plugin bernama WP Slimstat

WP Slimstat adalah Plugin WordPress yang berfungsi sebagai web analytics yang memungkinkan Anda untuk melihat statistik pengunjung secara real-time, menganalisis perilaku pengunjung, melacak pelanggan yang kembali dan pengguna terdaftar, mendeteksi gangguan, menganalisis kampanye email, dan berbagai sumber kunjungan baik dari mesin pencari, tautan maupun dari sosial media, backlink, alexa rank dan masih banyak lagi kemampuan yang dimiliki oleh plugin ini. Plugin WP Slimstat seperti namanya ini merupakan plugin yang ringan tapi bisa menampilkan laporan alasis situs web WordPress Anda dengan sangat lengkap.

 

Plugin ini memiliki kemampuan yang hampir mirip dengan Google analytic dan juga gratis untuk Anda gunakan, saat ini WP Slimstat sudah digunakan oleh ratusan ribu pengguna WordPress diseluruh dunia. Anda bisa melihat setiap laporan analisis situs web Anda langsung dari dashboard WordPress. Plugin ini menawarkan antarmuka yang canggih, mudah dipahami dan mudah digunakan. Tidak seperti Google Analytics yang mungkin akan membingungkan bagi pengguna baru karena begitu banyak menu dan hal yang ditampilkan, untuk WP Slimstat semuanya ditampilkan dengan sangat jelas, sederhana dan disesuaikan dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna.

Fitur Utama WP Slimstat

WP Slimstat memiliki fitur lengkap yang akan memberikan Anda data bermanfaat yang dibutuhkan untuk kesuksesan bisnis online Anda. Dan berikut beberapa fitur unggulan yang di tawarkan oleh web analytic WP Slimstat :
Real Time Updates
Plugin WP Slimstat dapat menampilkan laporan analisis web secara real time. Anda dapat memfilter statistik kunjungan untuk “hari ini”, “7 hari”, “60 hari” atau “90 hari terakhir” atau rentang tanggal termasuk hari ini, laporan akan menampilkan kunjungan terbaru, memastikan Anda selalu mengakses data analisis terbaru.
Kustomisasi Laporan
Anda dapat dengan mudah mengatur modul hanya dengan drag and drop atau semudah klik, Anda bisa menampilkan apa yang benar-benar Anda ingin tampilkan dan menyembunyikan yang tidak di inginkan dengan sangat mudah, semua kontrol Anda ditangan pengguna. Plugin WP Slimstat dirancang baik untuk pemula maupun pengguna tingkat lanjut.
Analisis Pemirsa
WP slimstat dapat menampilkan laporan negara pengunjung Anda, browser, sistem operasi dan yang terpenting plugin apa yang telah mereka pasang. Apakah situs web Anda menggunakan Flash? Dengan SlimStat Anda dapat memastikan pengunjung Anda memiliki alat yang tepat untuk menampilkan konten Anda. Dan jika sebagian besar tampilan halaman Anda dihasilkan dari sumber browser Internet Explorer 7, mungkin sudah waktunya untuk memeriksa apakah template Anda kompatibel dengan browser itu.
Konten Drilldown
Filter adalah cara terbaik untuk memaksimalkan data Anda. Slimstat memungkinkan Anda untuk mengelompokkan pengunjung Anda dengan berbagai metrik: alamat IP, browser, jenis konten, atau kredensial pengguna yang masuk. Dengan beragam operator yang ada, akhirnya Anda bisa menggunakan sisir halus untuk memahami siapa yang mengunjungi situs Anda dan mengapa mereka mengunjungi situs Anda.
Geolokasi
Geolocation adalah proses penentuan dimana suatu alamat IP berada secara geografis. Slimstat menggunakan database GeoLite MaxMind dan layanan IP2Location Online untuk mengambil informasi ini. Untuk meningkatkan keakuratan alat ini, Anda dapat mengganti file .dat dengan versi berbayar yang tersedia di situs web mereka, atau menggunakan alat geolocation online favorit Anda sendiri. Untuk menggantinya Anda hanya perlu mengganti URL di opsi yang sesuai dan selesai.
Integrasi dan ekstensi
Slimstat terintegrasi dengan admin WordPress Anda dengan cara yang tidak mencolok, dengan menambah pengalaman dasbor Anda dan menyediakan laporan dan fungsionalitas yang mudah diakses. Add-on dapat digunakan untuk memperluas fitur inti untuk mendapatkan hasil maksimal dari data yang dikumpulkan oleh mesin pelacak WP Slimstat.

 

Baca Juga  Kumpulan Plugin Lazy Load Terbaik Untuk Mempercepat Situs WordPress

Cara Menggunakan

Untuk memulai menggunakan plugin WP Slimstat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal Plugin WP Slimstat melalui dashboard WordPress Anda atau download dari direktori WordPress dan upload melalui FTP.
WP Slimstat Plugin
Setelah plugin Anda aktifkan Anda akan melihat menu baru bernama “Slimstat” di sidebar admin WordPress Anda. Dan plugin akan langsung bekerja dan Anda bisa langsung melihat laporan pengunjung Anda saat itu juga.
Atau jika Anda ingin, Anda dapat melakukan konfigurasi pada pengaturan dibagian menu Slimstat » Settings. Pada bagian tersebut Anda akan melihat beberapa menu tab seperti Basic, Tracker, Filter, Reports, Access Control, dan Maintenance.
Settings WP Slimstat
Untuk bagian pengaturan ini saya tidak akan menjelaskan secara lengkap karena secara default plugin sudah memiliki pengaturan yang baik. Jika Anda ingin membuat perubahan Anda hanya perlu membaca setiap informasi yang sudah jelas dituliskan dan Anda hanya perlu memilih dengan klik tombol. Atau Anda bisa langsung melihat dokumentasi lengkap mengenai cara melakukan pengaturan plugin slimstat ini di situs resminya yang sudah disajikan dengan tutorial video yang tentunya akan mempermudah Anda dalam memahami. Cek disini ⇒ WP Slimstat Overview.
WP Slimstat Customize
Selanjutnya pada bagian Customize, disini Anda dapat mengatur modul apa yang ingin Anda tampilkan dan modul yang ingin anda sembunyikan. Anda hanya perlu melakukan drag and drop untuk memindah posisi atau tidak mengaktifkan digeser pada kolom “Inactive Report” atau bisa juga menggunakan klik pada icon sesuai keinginan Anda.
WP Slimstat analytics
Semua laporan statistik dan analisis web Anda ditampilkan dengan jelas pada Overview, Audience, Site analysis, Traffic Source, dan Geolocation. Statistik yang ditampilkan dengan grafik dapat Anda download secara langsung dalam bentuk gambar, file excel, dan print.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *