XL Axiata-Ericsson Indonesia ujicoba teknologi 5G

Seo Dulu – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Ericsson Indonesia menyelenggarakan ujicoba teknologi 5G outdoor di halaman luar Grha XL, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/4). Uji coba tersebut sebagai bentuk persiapan terhadap tren teknologi baru.

Selain persiapan teknologi baru uji coba yang dilakukan XL guna mengetahui keunggulan yang terdapat pada teknologi 5G.

“Sebagaimana diperkirakan, teknologi 5G akan mulai bisa diimplementasikan secara global pada 2020, berarti tinggal sekitar 3 tahun lagi, bahkan bisa lebih cepat lagi, karena saat ini pertumbuhan pelanggan/penggunaan layanan 4G sangat cepat sekali diluar prediksi kita semua,” kata Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.

Dian menambahkan, bahwa inovasi teknologi akan terus berkembang dengan cepat. Karena itu, XL Axiata melakukan berbagai persiapan di segala aspek baik teknis maupun bisnis, termasuk kesiapan ekosistem untuk infrastruktur, sumber daya manusia, dan juga pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat teknologi 5G.

Sementara itu, Presiden Direktur Ericsson Indonesia dan Timor Leste, Thomas Jul mengatakan uji coba bersama XL tidak hanya bukti bila Ericsson sudah bergerak ke generasi (teknologi) berikutnya, tetapi juga menunjukkan kesiapan jaringan yang ada untuk mendukung 5G.

“Demonstrasi hari ini, dengan XL Axiata, juga menandai sebuah tonggak penting dalam mewujudkan visi pemerintah Indonesia untuk Digital Indonesia di tahun-tahun mendatang,” sebut Thomas.

Selain itu, uji coba jaringan 5G ini bertujuan mendalami aspek teknis teknologi 5G, meliputi pemasangan antenna radio, BTS serta uji coba teknis. Untuk perangkat baseband di jaringan XL Axiata.

Mekanisme ujicoba yang dilakukan adalah dengan menempatkan perangkat radio 5G. Uji coba dilakukan untuk mendemonstrasikan keandalan teknologi ini dalam tingkat kecepatan yang jauh melebihi 4G dengan tingkat latency yang sangat rendah. Perangkat yang akan digunakan adalah base station 5G, sistem pemancar radio berbasis teknologi 5G dengan teknologi Antenna Integrated Radio, user equipment 5G, dan sarana pendukung lainnya.

Baca Juga  5 Cara Menyelamatkan Smartphone Ketika Basah

Source : Merdeka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *