Zero BS CRM Plugin untuk Mengelola Data Base Pelanggan Gratis untuk WordPress

Seo Dulu – Saat Anda sedang menjalankan bisnis dan menggunakan WordPress sebagai website bisnis,serta mengelola banyak klien, maka Anda perlu untuk menambahkan fitur CRM (Customer Relationship Management) pada situs WordPress . Agar dapat membantu memudahkan dalam mengelola bisnis dengan para klien Anda.

Sistem Customer Relationship Management (CRM) ini penting Anda tambahkan pada website Anda untuk mengelola dan menganalisis interaksi pelanggan dan data pelanggan, dengan tujuan memperbaiki hubungan bisnis dengan pelanggan, membantu retensi pelanggan, pertumbuhan bisnis dan mendorong penjualan. Sistem CRM dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang pelanggan di berbagai saluran – atau titik kontak antara pelanggan dan perusahaan – yang dapat mencakup situs web perusahaan, telepon, obrolan langsung, surat langsung, materi pemasaran dan media sosial. Sistem CRM juga dapat memberi pelanggan informasi rinci tentang informasi pribadi pelanggan, histori pembelian, preferensi pembelian dan masih banyak lagi.
Perkenalkan  Zero BS CRM : Plugin untuk Mengelola Pelanggan Gratis untuk WordPress
Zero BS CRM adalah plugin yang diciptakan untuk membantu pengguna WordPress dalam mengelola pelanggan, faktur, penawaran, dan menyimpan semua informasi pelanggan Anda di satu tempat. Dengan plugin ini Anda benar-benar secara penuh meng-host perangkat lunak CRM milik Anda sendiri dan di server Anda sendiri menggunakan WordPress. Zero BS CRM ini juga dilengkapi dengan beberapa ekstensi yang dapat memberi Anda fungsi tambahan
Zero BS CRM ini merupakan plugin yang sederhana dan gratis, namun sangat memberi manfaat dan bisa memberi banyak nilai bagi pengusaha dan tim kecil. Dan berikut beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan dari sistem core CRM gratis.
  • Mengelola Pelanggan
  • Info pelanggan up to date
  • Tag pelanggan, atau menambahkan catatan
  • Lampirkan dokumen
  • Hubungi pelanggan
  • Mengelola Penawaran
  • Mengelola Faktur
  • Mengelola Transaksi
  • Mengelola Tim, dengan peran pengguna (role user):
  • Peran admin (tambahkan dan kelola pengguna CRM Anda)
  • Peran Customer Manager
  • Peran Invoice / Quote Manager
  • Peran Manajer Transaksi
Selain hal-hal diatas, Anda masih bisa mendapat fungsi dan fitur lebih dengan menambahkkan beberapa ekstensi. Anda bisa memilih ekstensi tambahan ini sesuai dengan yang Anda butuhkan. dengan ekstensi tambahan tersebut akan membantu Anda untuk memanfaatkan data pelanggan lebih jauh lagi. Dan berikut beberapa ekstensi yang bisa Anda pilih untuk menambahkan fitur pada Zero BS CRM :
  • Gravity Forms ($39/year) : Ekstensi untuk gravity form yang memungkinkan Anda untuk mengumpulkan petunjuk dan info pelanggan dengan cepat dan mudah,
  • CSV Importer PRO ($19/year) : Ekstensi yang memungkinkan Anda untuk mengimpor data pelanggan yang ada ke sistem Zero BS CRM.
  • PayPal Sync ($49/year) : Ekstensi untuk mengambil semua data pelanggan dari PayPal secara otomatis.
  • Woo Sync ($49/year) : Ekstensi yang memungkinkan Anda untuk mengambil semua data pelanggan dari WooCommerce secara otomatis.
  • Invoicing Pro ($27/year) : Ekstensi untuk membuat Faktur, sehingga memungkinkan pelanggan Anda membayar faktur mereka langsung dari Portal Klien Anda menggunakan PayPal atau Stripe.
  • Mail Campaigns ($79/year) : Ekstensi email keren yang memungkinkan Anda untuk dapat mengirim email ke segmen pelanggan yang ditargetkan.
  • Sales Dashboard ($129/year) : Ekstensi untuk menampilkan dashboard penjualan tertinggi yang memungkinkan Anda melacak pendapatan kotor, pendapatan bersih, pertumbuhan pelanggan, dll langsung dari CRM Anda.
Saat ini terdapat total 7 ekstensi bisa Anda temukan di website Zero BS CRM, dan yang paling populer dari ekstensi diatas adalah CVS Importer PRO, Woo Sync dan Gravity Forms. Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa membeli ekstensi tersebut dalam paket bundle yang sudah disediakan dengan harga mulai $99 dan sudah termasuk dengan gratis update dan support selama satu tahun. Dan berikut 3 paket bundle yang ditawarkan oleh Zero BS CRM :

Cara Menggunakan Zero BS CRM WordPress

Untuk menambahkan sistem CRM di WordPress, silahkan install plugin Zero BS CRM melalui dashboard WordPress dengan Add New Plugins dan ketik “Zero BS CRM”. Atau bisa mendownload New V2.0 of CRM secara langsung melalui website Zero BS CRM di ⇒ https://zerobscrm.com/ .

Setelah proses install selesai, silahkan aktifkan plugin dan Anda akan dibawa pada halaman untuk melewati proses 4 langkah yang sederhana seperti memasukkan nama CRM bisnis Anda, memilih tampilan menu CRM (ini bisa Anda pilih menyatu dengan dashboard WordPress atau terpisah), mencentang beberapa pilihan dan mengisi kolom dengan nama Anda dibagian akhir. Silahkan selesaikan langkah ini sampai proses konfigurasi selesai.

 

 Setelah proses diatas selesai Anda akan melihat menu baru dengan nama “ZBS CRM Admin”. Dan silahkan lakukan pengaturan di halaman “Settings”.
 Untuk melakukan konfigurasi di pengaturan Zero BS CRM tidak rumit, Anda bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda atau membiarkan secara default. Dan Anda bisa menggunakan logo milik Anda sendiri dengan mengupload logo Anda. Dan jangan lupa untuk mengisi informasi bisnis Anda pada bagian menu tab “Invoice Builder” seperti upload logo bisnis, informasi bisnis dan email invoice. Setelah selesai melakukan konfigurasi silahkan untuk klik tombol “Save Settings” untuk menyimpan perubahan.
Langkah selanjutnya silahkan masuk pada bagian Welcome to ZBS, disitu Anda akan melihat intruksi penting untuk memulai seperti melakukan konfigurasi Settings seperti yang sudah saya jelaskan diatas, dan berikutnya adalah membuat tags (ini seperti membuat tags untuk posts) dan tag ini penting untuk Anda buat sebelum Anda memulai untuk menambahkan kustomer pertama Anda.

Cara Menambahkan Customer, Quotes dan Invoice

Untuk menambah pengguna silahkan masuk pada menu “Zero BS CRM” dan klik “Add Customer” ini sangat sederhana dan silahkan isi informasi pada kolom-kolom yang sudah disediakan dan klik “Save” jika sudah.

Setelah Anda menambahkan “Customer” baru, sekarang Anda bisa menambahkan “Quotes”. Untuk formulir Quotes ini sangat sederhana.

Selanjutnya Anda bisa menambahkan Invoice untuk pelanggan Anda.

 Selanjutnya jika Anda sudah memiliki Customer dan Quote, maka Anda dapat melihat daftar mereka di ‘Manage Customer’, dan ini terlihat sangat mudah untuk dikelola
Dan itulah sedikit ulasan mengenai plugin Zero BS CRM yang berguna untuk Anda sebagai pemilik bisnis yang ingin mengelola pelanggan Anda. Plugin ini benar-benar gratis dan memiliki beberapa ekstensi berbayar untuk menambahkan fungsi dan Anda dapat menambahkannya jika Anda ingin. Fitur-fitur yang di miliki oleh Zero BS CRM sudah cukup untuk Anda gunakan untuk kebutuhan sistem CRM di website WordPress Anda.
Terima kasih telah berkunjung,semoga bermanfaat,jangan lupa share ya. Dan terima kasih untuk beberapa sumber inspirasi dan referensinya.
Baca Juga  Promo Themes Wordpress Rekomendasi,Murah Dan Responsive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *